Copyright © 2017 Paket Wisata Dieng. All Rights Reserved

  • +6285-7292-55588
  • Wonosobo, Jawa Tengah 56351
 

Telaga Warna Dieng

Berwisata ke kawasan Dataran Tinggi Dieng nampaknya memang tidak akan lengkap jika tidak mengunjungi beberapa kawasan yang sangat favorit. Salah satunya adalah kawasan Telaga Warna yang memang menjadi salah satu objek wisata andalan yang ada di kawasan ini. Mengunjungi tempat wisata ini juga cukup menyenangkan sekali karena udara di kawasan ini masih sangat asri sehingga membuat kita juga jadi rileks.

Lokasi telaga warna

Jika akan menyempatkan diri datang ke objek wisata ini, maka kita harus mengetahui persis mengenai lokasi wisata ini. Untuk lokasinya sendiri ada di Dataran Tinggi Dieng dan tepatnya di kabupaten Wonosobo. Dari pusat kota Wonosobo sendiri kita bisa memakan waktu kurang lebih 45 menit sampai dengan 1 jam perjalanan menuju ke lokasi wisata ini.

Keunikan telaga warna

Setiap tempat wisata pastinya memiliki keunikannya masing-masing yang akan menambah daya tarik orang untuk mengunjunginya. Begitu juga dengan kawasan Telaga Warna ini. Mendengar namanya saja sudah akan membuat kita penasaran. Jadi keunikan pada telaga ini adalah pada airnya, dimana air pada telaga ini warnanya bisa berubah-ubah. Terkadang telaga ini airnya akan berwarna kuning kehijauan. Terkadang juga bisa berwarna biru muda atau biru tua. Konon katanya air telaga ini bisa berubah warna karena adanya kandungan sulfur yang sangat tinggi.

Mitos telaga warna

Dibalik sebuah tempat wisata biasanya memang ada mitos juga yang berkembang di daerahnya. Menurut mitos, kawasan telaga ini dahulunya merupakan tempat permandian para bidadari sehingga membuat telaga ini juga bisa berubah warna. Dahulu katanya ada 7 bidadari yang mandi di kawasan ini. Selain itu juga warna air yang ada pada telaga ini konon katanya adalah perlambangan dari lima unsur manusia yang oleh warga setempat di sebut sebagai “Sedulur Papat Kalima Mancer”.

Wisata sekitar Telaga Warna

Di sekitaran telaga warna juga masih terdapat wisata lainnya seperti jika kita berjalan sedikit maka kita akan menemukan beberapa arca yang ada di dekat telaga ini. Selain itu juga di sekitaran dari telaga ini terdapat beberapa goa seperti Goa Semar, Goa Sumur Eyang Kumalasari dan Goa Jaran Resi. Ada juga terdapat sebuah batu tulis Eyang Purbo Waseso. Selain itu banyak dikelilingi bukit yang menjadi tempat terbaik menyaksikan telaga ini.

Akses menuju Telaga Warna

Jika Anda sangat tertarik dengan keindahan telaga ini, jangan khawatir karena mudah sekali menuju ke kawasan telaga ini. Dari pusat kota Wonosobo kita juga bisa menggunakan kendaraan umum dari terminal. Sementara itu jika menggunakan kendaraan pribadi aksesnya juga mudah hanya saja jalanan yang cukup terjal dan tinggi jadi harus berhati-hati. Jarak dari pusat kota adalah sekitar 30 km.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *